Membuat dan Memanggil Object

Contoh Script Aritmatika sederhana menggunakan Bahasa Java dengan memberikan nilai parameter kepada method.

Simpan script dibawah ini dengan nama file: Aritmatika.java

/* Aritmatika sederhana */

class Matematika{
int hasil=0;
double hasilbagi=0;
int angka1=0;
int angka2=0;

// Method Pertambahan
void Pertambahan(int x, int y){
hasil=x+y;
System.out.println ("Penjumlahan");
System.out.println (x + " + " + y + " = " + hasil );
System.out.println ();
}

// Method Pengurangan
void Pengurangan(int x, int y){
hasil=x-y;
System.out.println ("Pengurangan");
System.out.println (x + " - " + y + " = " + hasil);
System.out.println ();
}

// Method Perkalian
void Perkalian(int x, int y){
hasil=x*y;
System.out.println ("Perkalian");
System.out.println (x + " x " + y + " = " + hasil);
System.out.println ();
}

// Method Pembagian
void Pembagian(double x, double y){
hasilbagi=x/y;
System.out.println ("Pembagian");
System.out.println (x + " / " + y + " = " + hasilbagi);
}
}
public class Aritmatika {
public static void main(String[]args){
// Membuat Objek
Matematika OperasiMat = new Matematika();

// Memanggil method menunjuk nilai parameter
OperasiMat.Pertambahan(14,3);
OperasiMat.Pengurangan(19,99);
OperasiMat.Perkalian(18,9);
OperasiMat.Pembagian(19,79);
}
}

Bila dijalankan maka akan dihasilkan:

Penjumlahan
14 + 3 = 17

Pengurangan
19 - 99 = -80

Perkalian
18 x 9 = 162

Pembagian
19.0 / 79.0 = 0.24050632911392406

0 komentar:

Posting Komentar