Borland C++ Builder 6.0 (Bag 02)

Ukuran huruf
Integrated Development Integration

Integrated Development Integration ( IDE ) adalah bidang tempat kita bekerja untuk menghasilkan program aplikasi. Secara umum, IDE C++Builder dibagi menjadi lima bagian besar yaitu Main Window, Object Treeview, Form Designer, Object Inspector dan Code Editor.

Main Window

Main window terdapat pada bagian atas dari C++ builder IDE, dimana bagian ini dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Main menu yang berisi semua menu yang terdapat dalam C++ builder, tool panel yang berisi menu-menu yang sering digunakan saja dan ditampilkan dalam bentuk icon dan component pallete yang berfungsi untuk menyimpan komponen-komponen C++builder yang digunakan dalam pembuatan aplikasi.

Object Treeview



Object Treeview akan menampilkan daftar komponen yang ditempatkan didalam Form, data module, maupun frame.Komponen-komponen tersebut akan ditampilkan dalam bentuk tree yang menunjukan huibungan logic antara komponen parent dengan komponen yang terdapat didalamnya.

Form Designer

Form designer adalah bagian yang digunakan untuk pembuatan form yang kemudian akan ditampilkan dalam aplikasi.Untuk setiap pembuatan aplikasi visual dengan menggunakan C++ builder, bagian inilah yang akan menjadi induk pengaturan komponen-komponen yang ditempatkan.

Object Inspector


Bagian ini berfungsi untuk melakukan pengesetan dan mengatur property dan event dari suatu object didalam C++ builder. Gambar sebelah kiri Tab Properties dan Gambar sebelah kanan Tab Event.

















Code Editor

Code Editor adalah bagian yang berfungsi untuk menyunting atau menuliskan kode-kode program yang akan digunakan sebagai pengontrol aplikasi yang dibuat didalam bahasa C++ builder.Dalam C++ builder file unit dibagi menjadi dua bagian yaitu file dengan exstensi .cpp (berisi implementasi) dan .h (berisi daftar deklarasi).



3 komentar:

  1. terima kasih tas infonya,pi tolong terapin dong caranya membuat report di borland c++ builder 6 ?
    makasih

    BalasHapus
  2. totlong kasih koding buat from pendaftaraan mahasiswa baru dengan menu tarik dong...

    BalasHapus
  3. Downloadnya c++ buildernya gimana?

    BalasHapus